14februari

Just another WordPress.com site

boleh beda

penampakan dari tiap orang yang kita lihat dari ujung rambut sampai ujung kaki pastinya ga akan ada yang sama persis! bukan hanya perbedaan fisik namun perbedaan pola pikir dan cara pandang dari masing-masing orang. terkadang justru perbedaan yang ada di dalam inilah yang membuat orang-orang berselisih paham sampai akhirnya terjadilah konflik.

kenapa orang sering berselisih paham? masalah  intelektual kah?…. menurut gw intelektual dari seseorang bukan merupakan akar dari semua masalah ini, dari mulai masyarakat desa maupun kota, orang tidak berpendidikan maupun orang yang berintelektual tinggi pasti mempunyai masalah sepele yang kadang membuat perpecahan diantara mereka. contoh kasus yang paling gw sering temuiin itu pada rapat” di kampus…. sebelumnya semua setuju kan kalo anak kampus itu orang yang intelektualnya tinngi?  kalo udah setuju gw lanjutin lagi. anak kampus yang notabenya adalah masyarakat berintelektual dan kader penerus bangsa tiap kali rapat pastiada aja yang berselisih pendapat dan menurut gw masalah yang diperdebatkan itu sangatlah sepele. mereka mempertahankan mati-matian pendapat mereka dengan logat yang tinggi, mnurut gw semua itu karena mereka cuma nurutin ego dan mentingin golongan mereka sendiri. ada lagi nih tiap kali gw ikut rapat bem dan ormawa, gw selalu support jantung dan dalem hati gw teriak ” bego banget dah semua.. masalah gni aja ribut. gw selalu mikir kalo mereka ga punya telinga… yang mereka punya cuma mulut doang. jadi mereka ga pernah ngdengerin pendapat orang lain.

perbedaan memang ga bisa di hindari karena kita dari awal memang di ciptakan berbeda” dan naluri tiap orang ituakan mengarahkan kalo dirinya adalah orang yang paling benar. ga percaya? waktu jaman sma pernah ga minta mtor tipe X, tapi akhirnya di beliin motor tipe Z…dan kita kesel setengah mati sampai uring-uringan ga jelas. padahal kita uda ngasih tau kalau motor tipe X itu kualitas lebih lebih baik dan sebagainya . itulah naluri …….. naluri orang sampai kapanpun akan tetap ga mau kalah.

walaupun seperti itu Tuhan memang maha adil karena Beliau memberikan kita hati, akal dan perasaan. dengan menggunakan hati, akal dan perasaan ini kita bisa melihat keindahan dari perbedaan. bentuk rumah yang beda membuat kita tau bahwa bentuk rumah itu bagus atau jelek, wanita itu cantik atau biasa, wanita itu baik atau tidak, wanita itu punya daya tarik atau tidak.

dengan sadarnya kita akan perbedaan yang pasti akan sekalu ada dan sangatlah wajar, maka hendaknya kita saling penghargai perbedaan itu. dengan memandang perbedaan secara positif kita bisa belajar mana yang baik dan buruk,sehingga kita dapat mengintrospeksi diri dan menjadi individu yang lebih baik. semakin banyak kita bertemu orang makin banyak pula kita memahami arti perbedaan karena pemikiran tiap individu itu berbeda. dan makin banyak pikiran dalam suatu tim akan makin banyak perbedaan yang didapat dan tdak mungkin justru dapat menimbulakan sesuatu yang luar biasa.

ingat perbedaan ga mungkin di satukan sampai kapanpun… karena perbedaan di ciptakan untuk saling melengkapi.

salam damai penulis

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: